MANFAAT YOGA LEBIH DARI SEKEDAR "SEHAT"



            Manfaat Yoga (Asanas) yang paling sering kita dengar adalah manfaatnya pada kesehatan. Hal ini berkaca dari hasil yang dinikmati setelah menekuni Yoga, seperti menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga dan meningkatkan stamina, memperbaiki dan meningkatkan sistem pencernaan, memperbaiki dan meningkatkan sistem pernafasan, memperbaiki dan memperlancar metabolisme, membersihkan dan memperlancar sirkulasi darah, menyegarkan otak, meningkatkan kelenturan tubuh, memperkuat persendian dan otot-otot tubuh, serta mengurangi lemak berlebih.
Ketika berbicara sehat tentu yang menjadi indikator adalah bagaimana fisik seseorang, apakah fisiknya rentan terhadap penyakit ataukah mampu tetap bugar dalam segala situasi. Olehnya, kalau manfaat Yoga dilihat dari segi sehat secara fisik, jangan disalahkan kalau seringkali Yoga (asanas) sering disamakan dengan olahraga yang lain seperti senam, aerobik, fitness, atau lainnya dan bahkan sering terdengar istilah "senam Yoga" untuk aktivitas Yoga ini.
            Akan tetapi, sesungguhnya manfaat Yoga lebih dari sekedar sehat. Maksudnya bahwa sehat yang diproleh dari Yoga berupa sehat secara fisik dan juga sehat secara mental. Masih ingatkah pembaca dengan sosok petinju legendaris "Mike Tyson"? tentu saja bukan? Semua orang tidak akan asing dengan nama yang satu ini, mengapa? Karena ia memang merupakan sosok petinju kelas dunia yang sudah diakui kekuatan fisiknya. Namun nampaknya fisik yang kuat dari sosok Mike Tyson tidak disertai dengan mentalnya yang sehat. Kenapa saya berani men-just seperti ini? Bisa diingat kembali bagaimana dia menggigit telinga Holyfield pada gelaran tinju di MGM Grand Arena sabtu, 28 Juni 1997 silam. Tepatnya pada rounde ketiga, Mike Tyson yang tak mampu menahan gempuran Holyfield kehilangan akal sehat dan menggigit telinga lawannya. Dalam kehidupan di luar arena juga Mike Tyson beberapa kali keluar masuk penjara karena kasus pemukulan atau pemerkosaan. Gambaran ini menunjukkan pada kita bahwa yang dibutuhkan oleh manusia bukan hanya sehat fisik, tetapi harus diimbangi dengan sehat mental. Karena pada prinsipnya tidak semua orang yang berbadan (fisik) sehat memiliki akal (mental ) yang sehat pula.
            Inilah perbedaan yang mampu diberikan oleh Yoga. Yoga yang dilakukan dengan mengombinasi gerakan-gerakan dan tekhnik pernafasan (pranayama) akan memberikan ketenangan, kestabilan, dan keseimbangan bagi para pelakunya. Hati yang gelisah akan perlahan ditenangkan apabila melakukan Yoga (disertai pranayama). Begitu pula emosi yang sering meledak-ledak perlahan akan mulai distabilkan, sehingga perasaan tenang akan timbul pada para praktisi. Yoga akan mampu memberikan ketenangan yang sebelumnya tidak pernah ditemui dalam olahraga lain. Kombinasi antara gerakan tubuh (asanas) dengan pernafasan (pranayama) dalam pelaksanaannya dapat memberikan sehat fisik dan juga sehat secara mental.
            Kiranya demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, ingat bahwa sehat itu mahal, dan yang perlu diperhatikan pula bahwa sehat harus lengkap baik sehat secara fisik maupun secara mental. So.... Ayo gabung menjadi komunitas pencinta Yoga.
Salam.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar