YOGA ASANAS

 
           Istilah “Yoga” tentu sudah tidak asing lagi dalam pemahaman masyarakat modern.
Pemahaman tentang Yoga kini semakin modern dan bahkan menjadi sesuatu yang sangat populer. Tidak hanya oleh kalangan orang India yang berada di negeri dimana Yoga tercipta, tetapi sudah menyebar ke seluruh benua yang ada di dunia. Tidak terkecuali dengan di Indonesia, Yoga kini menjadi solusi kesehatan masyarakat. Akan tetapi mengingat luasnya ajaran Yoga, harus dipahami juga bahwa yang populer dari Yoga pada era kini bukanlah dari segi filsafat atau spiritualnya, melainkan dari aspek olah tubuh yang sering disebut dengan Asanas.
            Ya, Yoga Asanas, yakni tingkatan Yoga yang lebih menonjolkan olah tubuh sehingga mampu memberikan keseimbangan pada tubuh. Dengan asanas yang dilakukan berbagai solusi kesehatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat seperti menjaga keseimbangan proses metabolisme tubuh, menjaga keidealan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, serta manfaat lainnya yang mampu memberi kepuasan tersendiri bagi para praktisi. Booming-nya Yoga di Indonesia juga sampai di pulau Lombok yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Sejak lima tahun terakhir Lombok menjadi sasaran pengembangan Yoga oleh para guru Yoga. Komunitas pecinta Yoga di Pulau Lombok juga semakin bertambah, tempat pelatihan Yoga mulai merambah dan juga guru Yoga yang ada di Pulau Lombok selalu bertambah dari waktu ke waktu. Dan sejak tahun 2014 saya bersama Guru Yoga saya Master Edi Ariawan dan beberapa teman pencinta Yoga lainnya mendirikan sebuah Pusat pelatihan Yoga pertama dan mungkin satu-satunya yang khusus bergerak di bidang Yoga, yaitu Lombok Yoga Center yang berlokasi di jalan Sriwijaya No. 3 Ruko Blok 4 Cakranegara, CP: 087863049745).
            Namun yang akan saya bahas sekarang bukanlah tentang Center Yoga Kami, tetapi mengenai bagaimana masyarakat memaknai Yoga pada umumnya dan asanas pada khususnya. Kalau berbicara tentang Yoga, masyarakat modern pecinta Yoga sangat jarang yang mau memahami Yoga secara filosofi (yakni kebenaran hakiki tentang Yoga), tetapi cenderung mengidentikkan bahwa asanas adalah yoga, dan yoga hanya asanas. Lain lagi halnya dengan asanas, sangat jarang yang mau memahami dan menggali nilai dari asanas yang dilakukan. Kebanyakan hanya fokus pada gerakan yang “WAH” yang akan memberikan pujian bagi dirinya karena mampu melakukan gerakan itu. Apalagi dengan adanya media sosial semacam “Instagram”, setiap hari pada berlomba-lomba meng-upload foto yang terkesan extreme. Padahal jika ditinjau dari tujuan asanas sesuai yang tertuang dalam kitab Hatha Pratipika, Asanas dilakukan untuk mencari satu posisi yang nyaman yang nantinya bisa digunakan dalam melakukan dharana, dhyana, bahkan hingga Semadi.
            Yoga memang terus berkembang, dan kini tidak lagi menjadi sebuah bahasan yang “tenget”, “gaib”, “magis”, tetapi kini sudah menjadi aktivitas yang disamakan dengan olahraga, yang akan memberikan dampak bagi kesehatan. Ok, tidak apa-apa jika Yoga terutama bagian asanas disebut olahraga, tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa gerakan asanas yang extreme belum tentu akan memberikan dampak kesehatan, tetapi melakukan gerakan yang sesuai dengan kemampuan serta dilakukan dengan sungguh-sungguh dan selalu memperhatikan prosedur bergerak yang tepat itulah yang akan memberikan efek kesehatan.
            Jadi bagi anda para pencinta Yoga, ketika berlatih jangan selalu ngebet mengikuti gerakan-gerakan yang memaksa tubuh, lakukan gerakan semampunya dan kesehatan akan anda dapatkan. Percaya atau tidak silahkan dibuktikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar