YOGA BUKAN HANYA OLAH TUBUH, LALU?

Yoga merupakan sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi banyak kalangan, justru
Yoga di era modern ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mampu memberikan serta menjaga kesehatan tubuh. Yoga yang sejatinya merupakan salah satu bagian dari enam filsafat India (yang disebut Sad Darsana) dalam filsafatnya mengajarkan tentang cara mencapai pelepasan melalui pengendalian diri. Maharsi Patanjali adalah sosok yang mendirikan Yoga dan mengajarkannya kepada umat manusia. Ajaran Yoga yang diajarkan oleh Maharsi Patanjali yang terkenal adalah ajaran Yoga Sutra Patanjali yang di dalamnya mencakup ajaran Astangga Yoga (delapan batang tubuh Yoga) yang terdiri dari Yama, Nyama, Asana, Pranayama, Pratyahara, Dharana, Dhyana, dan Semadhi. Namun pada kesempatan ini yang akan saya bahas bukan Astangga Yoga, melainkan tentang bagaimana kita memandang Yoga.
            Yoga menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat modern, dan pemahaman tentang Yoga bukan lagi sebagai sebuah ajaran yang mengandung nilai filsafat melainkan mulai dikenal dengan istilah senam Yoga, olahraga Yoga, atau lainnya yang intinya lebih dikenal sebagai seni olah tubuh. Jenisnya juga mulai berkembang, ada yang namanya Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Iyengar Yoga, Bikram Yoga, Power Yoga, Acro Yoga dan jenis lainya yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Dari semua itu sudah terlihat bahwa Yoga yang kita kenal di masyarakat hanya menekankan pada aspek Asana dan Pranayama saja, dengan tidak menonjolkan aspek yang lain. Manfaat dari Yoga juga lebih diketahui hanya pada aspek fisik, bukan ke arah spiritual atau yang berbau “mistik”, sehingga pernyataan yang sifatnya ortodok seperti “Belajar Yoga membuat anda gila” atau “belajar Yoga agar bisa terbang” tidak akan menjadi pertimbangan lagi untuk melakukan Yoga. Manfaat Yoga sekarang ini yang lebih dirasakan masyarakat adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga dan meningkatkan stamina, memperbaiki dan meningkatkan sistem pencernaan, memperbaiki dan meningkatkan sistem pernafasan, memperbaiki dan memperlancar metabolisme, membersihkan dan memperlancar sirkulasi darah, menyegarkan otak, meningkatkan kelenturan tubuh, memperkuat persendian dan otot-otot tubuh, dan mengurangi lemak berlebihan.
            Apabila Yoga ditekuni, manfaatnya akan bisa dirasakan. Yoga modern tidak akan membuat anda gila secara mental, tetapi gila karena ingin terus melakukannya, terutama untuk latihan asana (olah tubuh). Sekali mencoba mengikuti praktek asana, praktisi akan selalu berkeinginan untuk berlatih, apalagi yang baru bisa melakukan gerakan yang berbau akrobatik. Lain sekarang lain dahulu, dahulu orang menyampaikan peryataan ortodok seperti di atas karena mereka memandang Yoga dari segi spiritual, yaitu pada tingkatan yang lebih tinggi seperti Prathyahara, Dharana, Dhyana bahkan Semadhi. Dan itulah sesungguhnya yang dipelajari oleh orang yang menamai dirinya sebagai Yogi atau Yogini. Tetapi jangan terlena, walaupun kini adalah era modern, Yoga juga harus dipandang dari segi pengendalian diri. Praktisi Yoga tidak cukup hanya sehat secara fisik, tetapi juga sangat perlu untuk sehat secara mental sehingga tujuan pengendalian diri dari Yoga juga dapat dicapai secara tidak langsung. Tujuan Yoga secara nyata yang perlu kita capai adalah untuk menyeimbangkan serta menyelaraskan pikiran, tubuh dan jiwa sehingga akan membawa kedamaian dalam hidup ini.

            Yoga modern memang tidak menonjolkan hal yang bersifat spiritual, tetapi sebagai umat manusia yang baik, kita perlu untuk mengetahui segala sesuatu dari hal yang terkecil, termasuk Yoga. Apabla kita mencintai asanas (olah tubuh dalam Yoga), cintai pula tahapan lainnya sehingga kita akan memproleh pemahaman yang utuh dan mampu memaknai aktivitas yang kita lakukan. Untuk pecinta Asanas, ada baiknya mulailah mengkaji Yoga secara lebih dalam dan menyeluruh, sehingga manfaat sesungguhnya dari Yoga akan dapat dirasakan. Olah Tubuh termasuk Yoga (asana) tetapi Yoga yang sesungguhnya mencakup olah tubuh, olah jiwa, dan olah rasa. Pahami Yoga, lakukan Yoga, dan rasakan manfaatnya. Balancing Mind, Body, and Soul with Yoga.

1 komentar: