Banten Ayaban Tumpeng 9

Hai Sahabat Blogger, Kali ini saya posting lagi nieh tentang bebantenan, yatu Banten Ayaban Tumpeng 9. Komponen Banten Ayaban Tumpeng 9 ini sebenarnya berisi semua komponen Banten Ayaban Tumpeng 7 ditambah beberapa banten yang lain. Dan yang saya jelaskan disini pun tidak semua, hanya yang belum saya paparkan pada Banten Ayaban Tumpeng 7 yang akan saya uraikan. jadi kalo mau tahu pemaparan semua Banten klik disini mengenai banten yang merupakan bagian Banten Ayaban Tumpeng 7.
Langsung saya yah!!!

Kunjungi Pula postingan tentang banten ayaban tumpeng 5, disini. Banten ayaban tumpeng 9, disini. Banten ayaban tumpeng 11, disini. Banten Ayaban tumpeng 25, disini.

Banten Ayaban Tumpeng 9, Terdiri dari:
1.      Banten Peras: 2 tumpeng
2.      Banten Pengambean: 2 tumpeng
3.      Banten Dapetan: 1 tumpeng
4.      Banten guru: 1 tumpeng
5.      Banten penyeneng: 3 tumpeng
6.      Banten gebogan
7.      Banten sesayut
8.      Banten Rayunan
9.      Banten Teterag
1.      Banten Peras (sudah dijelaskan)
2.      Banten Pengambean (sudah dijelaskan)
3.      Banten Dapetan (sudah dijelaskan)
4.      Banten Guru (sudah dijelaskan)
5.      Banten Penyeneng
Penyeneng berasal dari asal kata “nyeneng” (bahasa bali) yang artinya hidup, mendapat awalan pe yang mengandung kata kerja menjadi penyeneng yang berarti dapat dijadikan hidup. Jadi penyeneng memiliki makna permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi, agar dianugerahi kehidupan baik untuk bhuwana agung dan bhuwana alit dalam keseimbangan/keselarasannya. Banten penyeneng ini berfungsi untuk mendudukan atau menstanakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Ida bhatara di tempat yang telah disediakan.
Selain itu Banten Penyeneng sebagai lambang konsep hidup yang berkeseimbangan, dinamis dan produktif sebagaimana disebutkan penyeneng dalam banten sebagai penguatan konsep hidup, dijelaskan bahwa hidup yang seimbang mengandung suatu arti dalam visualisasi dari konsep hidup yang tiga ini diwujudkan dengan bentuk sampian yang beruang tiga.
6.      Banten Gebogan (sudah dijelaskan)
7.      Banten Sesayut (sudah dijelaskan)
8.      Banten Rayunan (sudah dijelaskan)
9.      Banten Teterag (sudah dijelaskan)

Itu Lover mengenai Banten Ayaban Tumpeng 9, dan untuk yang berisi keterangan sudah dijelaskan bisa diproleh informasinya di postingan saya tentang Banten Ayaban Tumpeng 7. Terima Kasih!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar