YOGA SEBAGAI JALAN MENUJU PELEPASAN

I   PENDAHULUAN
            Sebagai manusia, selalu ada usaha untuk menggali suatu kebenaran yang disebut dengan Filsafat. Dengan mempelajari Filsafat, maka seseorang akan lebih memahami kebenaran dari suatu hal yang belum diketahui dengan pasti. Berbicara tentang filsafat, dikenal ada dua kelompok yaitu filsafat barat dan filsafat timur, yang tergolong filsafat barat diantaranya; filsafat Yunani, Filsafat Paristik, Filsafat Helinisme, Filsafat Romawi, Filsafat abad pertengahan, dan Filsafat Modern. Sedangkan yang tergolong filsafat timur adalah filsafat Tiongkok dan filsafat India. Sebagai orang Hindu kita lebih cenderung mempelajari Filsafat India, yang mana ada sembilan aliran filsafat yang semuanya memiliki konsep yang berbeda dalam mencapai tujuan akhir. Dari kesembilan aliran filsafat itu dibagi atas dua kelompok yaitu Astika dan Nastika. Kelompok Astika adalah kelompok filsafat yang menerima kewenangan Weda sebagai kitab suci yang mengandung ajaran kebenaran. Sedangkan Nastika sering pula disebut kelompok ateis dalam artian tidak mengakui kewenangan Weda, olehnya kelompok ini sering disebut tidak termasuk dalam sebutan filsafat. Kelompok Astika disebut juga Sad Darsana yang terdiri dari Nyaya, Waisesika, Mimamsa, Samkhya, Yoga, dan Wedanta. Kata Darsana berasal dari akar kata drś yang bermakna "melihat", menjadi kata darśana yang berarti "penglihatan" atau "pandangan". Dalam ajaran filsafat hindu, Darśana berarti pandangan tentang kebenaran. Sad Darśana berarti Enam pandangan tentang kebenaran, yang mana merupakan dasar dari Filsafat Hindu. Dan salah satu dari keenam itu yang lebih menekankan pada pengendalian diri untuk mencapai kebebasan adalah Yoga. Dan hal ini sesuai dengan pembahasan penulis mengenai “Yoga sebagai jalan menuju pelepasan”.

II   YOGA SEBAGAI JALAN MENUJU PELEPASAN
           
Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat hindu yang disebut Sad Darsana. Kata Yoga berasal dari akar kata “yuj” yang artinya menghubungkan dan Yoga itu sendiri merupakan pengendalian aktivitas pikiran dan merupakan penyatuan roh pribadi dengan roh tertinggi. Pendiri sistem Yoga adalah Hiranyagarbha dan Yoga yang didirikan oleh Maharsi Patanjali merupakan cabang atau tambahan dari filsafat Samkhya, yang memiliki daya tarik tersendiri bagi murid yang memiliki temperamen mistis dan perenungan.
Samkhya dan yoga merupakan konsep yang saling berhubungan, yoga merupakan tambahan dari Samkhya. Dimana dalam pengajarannya sama-sama mengajarkan penyucian jiwa melalui kebersihan badan jasmani, sikap mental positif, serta jiwa yang tenang dan teguh sehingga tercapainya kebebasan jiwa dari segala duka, kesengsaraan yaitu kelepasan, moksa. Adapun perbedaan antara Samkya dan Yoga yaitu, dalam sistem filsafat Samkhya pengetahuan merupakan cara untuk mencapai pembebasan serta Samkhya tidak mempercayai adanya tuhan (Isvara). Sedangkan dalam sistem Yoga menganggap bahwa konsentrasi, meditasi, dan semadhi akan membawa kemerdekaan serta Yoga secara langsung mengakui keberadaan Isvara (Tuhan). Namun begitu yoga tetap menerima 25 prinsip/tatva dari Samkhya.
Yoga Sutra menurut Patanjali dibagi menjadi 4 bab dimana antara bab I dengan bab selanjutnya saling terkait dan mesti berurutan untuk mempelajarinya. Pada bab I (Samadhi pada) menerangkan tentang sifat, tujuan, dan bentuk-bentuk ajaran Yoga lalu pada bab II (Sandhana Pada) menjelaskan tentang tahapan-tahapan Yoga dan cara mencapai semadhi lewat mereka yang sudah mencapai semadhi, bab III (Vibhuti Pada) mengajarkan tentang hal yang bersifat batiniah yang didapat oleh mereka yang melakukan praktek Yoga, dan pada bab IV (Kaivalya Pada) melukiskan tentang alam kelepasan dan keadaan jiwa yang telah dapat mengatasi keterkaitan duniawi dan penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan.
Yoga di pilah menjadi dua bagian yaitu Hatha yoga dan Samadhi yoga yang salah satu bentuknya adalah Raja Yoga. Raja yoga yaitu delapan anggota yang mengandung disiplin pikiran dan tenaga fisik. Namun sebelumnya Hatta yoga (cara-cara mengendalikan badan dan pengaturan pernapasan) mesti di kuasai yaitu bagian-bagiannya Asana, Pranayama, Mudra dan Bandha. Hatha yoga ini merupakan dasar dimana badan akan diberikan kesehatan, kemudian kekuatan dan kemantapan. Disamping hal tersebut, ada pula jenis yoga lain yang menunjang untuk proses penyatuan dengan sang pencipta, yaitu melalui Japa Yoga, olehnya Japa Yoga dan Hatha yoga merupakan tangga menuju tahapan Raja yoga.
Raja yoga/Astanga yoga yaitu:
1.        Yama (larangan) hendaknya melaksanakan Ahimsa, Satya, Asteya, Brahmacarya, Aparigraha.
2.        Niyama (ketaatan) adalah Sauca, Santosa, Tapa, Swadhyaya, Isvarapranidhana.
3.        Asana (sikap badan yg mantap dan nyaman).
4.        Pranayama (pengaturan napas)
5.        Pratyahara (penarikan indra-indra dari obyek)
6.        Dharana (konsentrasi)
7.        Dhayana (meditasi)
8.        Samadhi (keadaan Supra sadar)
Terkait dengan pembahasan penulis mengenai Yoga sebagai dasar untuk mencapai kelepasan, maka akan dibahas mulai dari Hatha Yoga sampai Astangga Yoga sehingga sebagai umat Hindu akan mengetahui cara mencapai kelepasan (moksa) dari tekhnik yang paling dasar hingga pada level (tingkatan) jnana yang lebih tinggi.
1.    Hatha Yoga
Hatha yoga ini sebenarnya merupakan salah satu cabang Yoga dengan fokus pada postur fisik yang disebut asana dan tekhnik pernafasan atau Pranayama. Hatha Yoga berfokus pada tekhnik asana (postur), pranayama (olah nafas), bandha (kuncian), mudra (gesture), serta relaksasi yang mendalam. Hatha Yoga pertama kali muncul pada sekitar abad ke-9 atau ke-10 SM. Kata “Hatha” dalam bahasa Sanskerta berasal dari akar kata “ha” atau matahari dan “tha” atau bulan, yang berarti tradisi disiplin yang menggabungkan dua kekuatan yang berbeda. Hatha Yoga adalah jenis yoga yang menyelaraskan dua energi yang bertentangan: panas dan dingin (sama seperti yin-yang). Hatha Yoga bertujuan untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh melalui relaksasi, meditasi dan kontrol pernafasan. Hatha yoga mencakup latihan fisik yang ringan, yang mengikutsertakan seluruh sendi pada tubuh dalam gerakan memperkuat, melonggarkan dan menyeimbangkan setiap bagian tubuh dengan sepenuhnya.
A.    Asana
Asana adalah gerakan Yoga yang berhubungan dengan posisi tubuh. Gabungan antara gerakan kelenturan, gerakan memutar dan keseimbangan ini membantu Anda untuk membedakannya dengan jenis Yoga lainnya. Yoga asana mengutamakan postur tubuh, fokus pada pernapasan dan konsentrasi pada jalannya pikiran. Buku Yogasutra tidak mengharuskan sikap duduk tertentu, tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada siswa sikap duduk yang paling disenangi dan relax, asalkan dapat menguatkan konsentrasi dan pikiran dan tidak terganggu karena badan merasakan sakit akibat sikap duduk yang dipaksakan. Selain itu sikap duduk yang dipilih agar dapat berlangsung lama, serta mampu mengendalikan sistim saraf sehingga terhindar dari goncangan-goncangan pikiran. Yang terpenting dalam asana adalah konsep “Sukham Stiram Asanam” yang berarti sikap badan yang stabil dan menyenangkan. Dalam Hatha Yoga ada berbagai macam asana, seperti: Siddhasana, Padmasana, Vajrasana, Dhanurasana, Matsyasana, Pascimotanasana, Mayurasana, Ustrasana, dan sikap tubuh lainnya.
B.     Pranayama
Pranayama adalah pengaturan nafas keluar masuk paru-paru melalui lubang hidung dengan tujuan menyebarkan prana (energi) keseluruh tubuh. Pada saat manusia menarik nafas mengeluarkan suara So, dan saat mengeluarkan nafas berbunyi Ham. Dalam bahasa Sansekerta So berarti energi kosmik, dan Ham berarti diri sendiri (saya). Ini berarti setiap detik manusia mengingat diri dan energi kosmik. Pranayama terdiri dari: Puraka yaitu memasukkan nafas, Kumbhaka yaitu menahan nafas, dan Recaka yaitu mengeluarkan nafas. Puraka, kumbhaka dan recaka dilaksanakan pelan-pelan bertahap masing-masing dalam tujuh detik. Hitungan tujuh detik ini dimaksudkan untuk menguatkan kedudukan ketujuh cakra yang ada dalam tubuh manusia yaitu: muladhara yang terletak di pangkal tulang punggung diantara dubur dan kemaluan, svadishthana yang terletak diatas kemaluan, manipura yang terletak di pusar, anahata yang terletak di jantung, vishuddha yang terletak di leher, ajna yang terletak ditengah-tengah kedua mata, dan sahasrara yang terletak diubun-ubun.
C.    Bandha
Kata Bandha memiliki makna yang luas dalam literatur Sansekerta, antara lain ‘mengikat’, ‘menjembatani’, juga bisa berarti ‘janji’, dan ‘tendon’. Dalam Yoga klasik, bandha menunjukkan korelasi (samyoga) antara Diri Transendental (purusha) dan kesadaran. Hubungan ini digambarkan bagai api dan kayu. Lebih jauh, Bandha diartikan sebagai ‘ikatan’ kesadaran terhadap objek tertentu atau lokus (desha), yang merupakan esensi paling mendasar dari konsentrasi. Dalam latihan Yoga, Bandha adalah metode penghentian aliran psiko-energi (prāna) di satu tempat tertentu. Untuk pengertian ini, bandha kerap diterjemahkan sebagai ‘kuncian’ atau ‘penyempitan’ suatu aktivitas menekan atau menegangkan otot.
Ada tiga bandha klasik:
1. Mūla-bandha (kuncian dasar)
2. Uddīyāna-bandha (kuncian melayang)
3. Jālandhara-bandha (kuncian tenggorokan)
Ketika ketiganya dilakukan sekaligus bersamaan, disebut tri-bandha atau bandha-traya. Bandha sebaiknya dilakukan, baik sekaligus maupun satu per satu, pada saat melakukan āsana (postur), prānāyāma (pernafasan), mudrā (gestur), dhāranā (konsentrasi), dan dhyāna (meditasi).
D.    Mudra
Mudra adalah gestur atau sikap tubuh yang bersifat simbolis atau ritual dalam Hinduisme dan Buddhisme. Ada beberapa Mudrā yang melibatkan seluruh anggota tubuh, akan tetapi kebanyakan hanya dilakukan dengan tangan dan jari. Mudrā adalah gestur spiritual dan penanda energi dan keaslian dalam ikonografi dan praktik spiritual dalam tradisi agama Dharma serta Taoisme. Bersama dengan asana ("postur duduk"), yang dipraktikan dalam ajaran Hinduisme. Masing-masing mudrā memiliki dampak tertentu bagi pelakunya. Dalam melakukan Yoga, mudra memiliki fungsi untuk merangsang berbagai bagian tubuh yang berkaitan dengan latihan pernapasan dan mempengaruhi aliran prana dalam tubuh. Prana adalah istilah sansekerta yang berarti energi vital atau daya hidup yang memberikan kehidupan bagi seluruh alam semesta termasuk kehidupan manusia.
Esensi Hatha Yoga
            Orang yang melakukan latihan Yoga meningkatkan aspek spiritual, mental, kesehatan fisik dan emosional. Melakukan Hatha Yoga memberikan kedamaian bagi praktisinya, dan menjaga keselarasan alam semesta. Dalam melakukan yoga, termasuk semua jenis Yoga, konsentrasi merupakan akar atau bahan utama untuk sukses yoga. Semua jenis kelompok Yoga memiliki persamaan satu sama lainnya. Fokus utama dari Hatha Yoga adalah untuk mempersiapkan  tubuh dengan penyerahan total sehingga roh akan mampu menyerap dan mencapai misinya. Sehingga tujuan Hatha yoga adalah penyempurnaan keadaan jiwa seseorang.
            Hatha Yoga akan membantu mendorong tubuh untuk bergerak dan ke arah positif yang lebih tinggi sehingga kemampuan diri akan dapat bekerja dengan baik. Jiwa dan tubuh perlu merespon secara positid sehingga pikiran akan mampu seimbang dengan konsentraasi yang baik. Hal terbaik yang diproleh dengan mempraktekkan Hatha Yoga adalah membantu seseorang menemukan jati dirinya yakni dikatakan bahwa ada cahaya ilahi yang bersinar di dalam diri ini. Latihan Hatha Yoga memungkinkan energi spiritual mengalir melalui saluran energi yang terbuka. Ini akan mungkin terjadi jika pikiran, tubuh dan semangat bekerja yang baik dan harmonis.

2.    Japa Yoga
Dalam zaman Kali Yuga ini, hanya japa sajalah satu-satunya cara termudah untuk menyadari tentang Tuhan, pasalnya saat ini kebanyakan orang memiliki struktur tubuh yang tidak baik yang mempersulit mereka untuk mempraktekkan Hatha Yoga. Japa adalah pengulangan setiap mantra atau nama Tuhan dengan terus-menerus. Japa merupakan hal penting dalam anga dari Yoga. Dalam Bhagavad Gita tersebut “yajnanam jap-yajnosmi-Diantara yadnja, Akulah japa-yajna.” Artinya dalam zaman kali yuga pelaksanaan sajalah yang memberikan kedamaian, kebahagiaan dan kesempurnaan abadi. Japa ini pada akhirnya akan mengakibatkan Samadhi, bagian puncak dari Astangga Yoga.
Japa adalah pengulangan mantra terus-menerus, sedang dhyana adalah meditasi pada wujud Tuhan dengan segala sifat-Nya. Inilah perbedaan antara japa dan dhyana. Dalam meditasi (dhyana) maka dapat dilakukan bersamaan dengan japa yang disebut japa-sahita; sedangkan meditasi tanpa japa disebut japa-rahita. Pada tahap pembiasaan, biasakan mengkombinasi japa dengan meditasi, dalam tingkat selanjutya maka japa akan berhenti dengan sendirinya dan yang tinggal hanyalah meditasi, inilah tingkat kemajuan Spiritual.

3.    Astangga Yoga
Setelah memahami dan menguasi Hatha Yoga untuk mencapai Pelepasan (moksa) bisa ditempuh melalui jalur Raja Yoga, sesuai dengan tersebut dalam kalimat sebelumnya. Oleh Maharsi Patanjali dalam Raja Yoga ini disebut sebagai Astangga yang juga merupakan bentuk ajaran Etika dalam Yoga demi pengendalian diri yang lebih mantap, dengan penjelasan sebagai berikut:
A.    Panca Yama Brata
Panca yama Brata adalah lima pengendalian diri tingkat jasmani yang harus dilakukan tanpa kecuali. Gagal melakukan pantangan dasar ini maka seseorang tidak akan pernah bisa mencapai tingkatan berikutnya. Penjabaran kelima Yama Bratha ini diuraikan dengan jelas dalam Patanjali Yoga Sutra II.35 – 39.
1.      Ahimsa atau tanpa kekerasan. Jangan melukai mahluk lain manapun dalam pikiran, perbuatan atau perkataan. (Patanjali Yoga Sutra II.35)
2.      Satya atau kejujuran/kebenaran dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, atau pantangan akan kecurangan, penipuan dan kepalsuan. (Patanjali Yoga Sutra II.36)
3.      Asteya atau pantang menginginkan segala sesuatu yang bukan miliknya sendiri. Atau dengan kata lain pantang melakukan pencurian baik hanya dalam pikiran, perkataan apa lagi dalam perbuatan. (Patanjali Yoga Sutra II.37)
4.      Brahmacarya atau berpantang kenikmatan seksual. (Patanjali Yoga Sutra II.38)
5.      Aparigraha atau pantang akan kemewahan; seorang praktisi Yoga (Yogin) harus hidup sederhana. (Patanjali Yoga Sutra II.38)
B.     Panca Nyama Brata
Panca Nyama Brata adalah lima penengendalian diri tingkat rohani dan sebagai penyokong dari pantangan dasar sebelumnya diuraikan dalam Patanjali Yoga Sutra II.40-45.
1.      Sauca, kebersihan lahir batin. Lambat laun seseorang yang menekuni prinsip ini akan mulai mengesampingkan kontak fisik dengan badan orang lain dan membunuh nafsu yang mengakibatkan kekotoran dari kontak fisik tersebut (Patanjali Yoga Sutra II.40). Sauca juga menganjurkan kebajikan Sattvasuddi atau pembersihan kecerdasan untuk membedakan (1) saumanasya atau keriangan hati, (2) ekagrata atau pemusatan pikiran, (3) indriajaya atau pengawsan nafsu-nafsu, (4) atmadarsana atau realisasi diri (Patanjali Yoga Sutra II.41).
2.      Santosa atau kepuasan. Hal ini dapat membawa praktisi Yoga kedalam kesenangan yang tidak terkatakan. Dikatakan dalam kepuasan terdapat tingkat kesenangan transendental (Patanjali Yoga Sutra II.42).
3.      Tapa atau mengekang. Melalui pantangan tubuh dan pikiran akan menjadi kuat dan terbebas dari noda dalam aspek spiritual (Patanjali Yoga Sutra II.43).
4.      Svadhyaya atau mempelajari kitab-kitab suci, melakukan japa (pengulangan pengucapan nama-nama suci Tuhan) dan penilaian diri sehingga memudahkan tercapainya “istadevata-samprayogah, persatuan dengan apa yang dicita-citakannya (Patanjali Yoga Sutra II.44).
5.      Isvarapranidhana atau penyerahan dan pengabdian kepada Tuhan yang akan mengantarkan seseorang kepada tingkatan samadhi (Patanjali Yoga Sutra II.45).
C.    Asana
Sudah dijelaskan dalam Hatha Yoga
D.    Pranayama
Sudah dijelaskan dalam Hatha Yoga
E.     Pratyahara
Pratyahara adalah penguasaan panca indria oleh pikiran sehingga apapun yang diterima panca indria melalui syaraf ke otak tidak mempengaruhi pikiran. Panca indria adalah: pendengaran, penglihatan, penciuman, rasa lidah dan rasa kulit. Pada umumnya indria menimbulkan nafsu kenikmatan setelah mempengaruhi pikiran. Yoga bertujuan memutuskan mata rantai olah pikiran dari rangsangan syaraf ke keinginan (nafsu), sehingga citta menjadi murni dan bebas dari goncangan-goncangan. Jadi Yoga tidak bertujuan mematikan kemampuan indria. Untuk jelasnya mari kita kutip pernyatan dari Maharsi Patanjali sebagai berikut: Sva viyasa asamprayoga, cittayasa svarupa anukara, iva indriyanam pratyaharah, tatah parana vasyata indriyanam. Artinya : Pratyahara terdiri dari pelepasan alat-alat indria dan nafsunya masing-masing, serta menyesuaikan alat-alat indria dengan bentuk citta (budi) yang murni. Makna yang lebih luas sebagai berikut: Pratyahara hendaknya dimohonkan kepada Hyang Widhi dengan konsentrasi yang penuh agar mata rantai olah pikiran ke nafsu terputus.
F.     Dharana
Dharana artinya mengendalikan pikiran agar terpusat pada suatu objek konsentrasi. Objek itu dapat berada dalam tubuh kita sendiri, misalnya sela-sela alis yang dalam keyakinan Sivaism disebut sebagai “Trinetra” atau mata ketiga Siwa. Dapat pula pada ujung (puncak) hidung sebagai objek pandang terdekat dari mata. Para Sulinggih (Pendeta) di Bali banyak yang menggunakan ubun-ubun (sahasrara) sebagai objek karena disaat “ngili atma” di ubun-ubun dibayangkan adanya padma berdaun seribu dengan mahkotanya berupa atman yang bersinar “spatika” yaitu berkilau bagaikan mutiara. Objek lain diluar tubuh manusia misalnya bintang, bulan, matahari, dan gunung. Penggunaan bintang sebagai objek akan membantu para yogin menguatkan pendirian dan keyakinan pada ajaran Dharma, jika bulan yang digunakan membawa kearah kedamaian bathin, matahari untuk kekuatan phisik, dan gunung untuk kesejahteraan. Objek diluar badan yang lain misalnya patung dan gambar dari Dewa-Dewi, Guru Spiritual. yang bermanfaat bagi terserapnya vibrasi kesucian dari objek yang ditokohkan itu. Kemampuan melaksanakan Dharana dengan baik akan memudahkan mencapai Dhyana dan Samadhi.
G.    Dhyana (Meditasi)
Dhyana adalah suatu keadaan dimana arus pikiran tertuju tanpa putus-putus pada objek yang disebutkan dalam Dharana itu, tanpa tergoyahkan oleh objek atau gangguan atau godaan lain baik yang nyata maupun yang tidak nyata. Gangguan atau godaan yang nyata dirasakan oleh Panca Indria baik melalui pendengaran, penglihatan, penciuman, rasa lidah maupun rasa kulit. Ganguan atau godan yang tidak nyata adalah dari pikiran sendiri yang menyimpang dari sasaran objek Dharana. Tujuan Dhyana adalah aliran pikiran yang terus menerus kepada Hyang Widhi melalui objek Dharana, lebih jelasnya Yogasutra Maharsi Patanjali menyatakan : “Tatra pradyaya ekatana dhyanam” Artinya : Arus buddhi (pikiran) yang tiada putus-putusnya menuju tujuan (Hyang Widhi). Kaitan antara Pranayama, Pratyahara dan Dhyana sangat kuat, dinyatakan oleh Maharsi Yajanawalkya sebagai berikut: “Pranayamair dahed dosan, dharanbhisca kilbisan, pratyaharasca sansargan, dhyanena asvan gunan, artinya : Dengan pranayama terbuanglah kotoran badan dan kotoran buddhi, dengan pratyahara terbuanglah kotoran ikatan (pada objek keduniawian), dan dengan dhyana dihilangkanlah segala apa (hambatan) yang berada diantara manusia dan Hyang Widhi.
H.    Semadhi
Samadhi adalah tingkatan tertinggi dari Astangga-yoga, yang dibagi dalam dua keadaan yaitu : 1) Samprajnatta-samadhi atau Sabija-samadhi, adalah keadaan dimana yogin masih mempunyai kesadaran, dan 2) Asamprajnata-samadhi atau Nirbija-samadhi, adalah keadaan dimana yogin sudah tidak sadar akan diri dan lingkungannya, karena bathinnya penuh diresapi oleh kebahagiaan tiada tara, diresapi oleh cinta kasih Hyang Widhi. Baik dalam keadaan Sabija-samadhi maupun Nirbija-samadhi, seorang yogin merasa sangat berbahagia, sangat puas, tidak cemas, tidak merasa memiliki apapun, tidak mempunyai keinginan, pikiran yang tidak tercela, bebas dari “catur kalpana” (yaitu : tahu, diketahui, mengetahui, Pengetahuan), tidak lalai, tidak ada ke-”aku”-an, tenang, tentram dan damai. Samadhi adalah pintu gerbang menuju Moksa, karena unsur-unsur Moksa sudah dirasakan oleh seorang yogin. Samadhi yang dapat dipertahankan terus-menerus keberadaannya, akan sangat memudahkan pencapaian Moksa.  Katha Upanisad II.3.1. :Yada pancavatisthante, jnanani manasa saha, buddhis ca na vicestati, tam ahuh paramam gatim,  Artinya : Bilamana Panca Indria dan pikiran berhenti dari kegiatannya dan buddhi sendiri kokoh dalam kesucian, inilah keadaan manusia yang tertinggi.
          Itulah ke delapan tahapan Yoga dalam raja Yoga yang akan lebih mudah dicapai apabila terlebih dahulu menekuni Hatha Yoga. Dengan menekuni semua itu maka tujuan mencapai pelepasan (moksa) perlahan akan semakin dekat.

III   KESIMPULAN
            Yoga merupakan bagian dari Sad Darsana yang hampir sama, Samkhya dan Yoga merupakan konsep yang saling berhubungan, Yoga merupakan tambahan dari Samkhya. Dimana dalam pengajarannya sama-sama mengajarkan pensucian jiwa melalui kebersihan badan jasmani, sikap mental positif, serta jiwa yang tenang dan teguh sehingga tercapainya kebebasan jiwa dari segala duka, kesengsaraan yaitu kelepasan, moksa. Perbedaannnya Yoga secara langsung mengakui keberadaan Isvara (Tuhan), sedangkan Samkhya sifatnya nir-Isvara. Untuk mencapai Pelepasan diri melalui jalur Yoga, Raja Yoga merupakan hal yang paling cocok, yang oleh Maharsi Patanjali, jalur Raja Yoga yang dapat ditempuh dibedakan menjadi delapan tahapan (Astangga Yoga). Akan tetapi untuk mencapai tahapan tertinggi dari Astangga Yoga, yakni Semadhi bisa melakukan tahap persiapan dengan Hatha Yoga maupun Japa Yoga, dan akhirnya secara tidak sadar seorang manusia yang telah tekun akan mencapai titik dimana bisa terhubung langsung dengan sang pencipta, dan hal ini merupakan suatu wujud kemajuan yang dicapai dalam dunia spiritual.

DAFTAR PUSTAKA
Adiputra, I Gede, Rudia, dkk.1990. Tattwa Darsana. Jakarta : Yayasan Dharma Sharati.
Aryaningsih, Dewi Rahayu. 2010. Buku Ajar Darsana. Mataram
Maswinara, I Wayan. 1998. Sistem Filsafat Hindu (sarva darsana samgraha). Surabaya: Paramita.
Sivananda, Svami. 1998. Japa Yoga. Surabaya: Paramita.

Supartha, I Gede Agus. 2013. Makalah Hatha Yoga dan Kegunaannya. Mataram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar