TIPS MENGATASI KEMARAHAN

Kemarahan merupakan sesuatu yang secara khodrati pernah dialami oleh setiap manusia. Dalam sebuah situasi yang membuat suasana hati tidak senang dan membuat tekanan darah meningkat pasti kemarahan akan muncul. Dalam agama Hindu, kemarahan yang disebut "Krodha" merupakan salah satu bagian dari Sadripu, yaitu enam musuh yang ada dalam diri manusia selain Kama, Lobha, Moha, Mada, dan Matsarya.
            Walaupun secara khodrati setiap manusia bisa marah, tetapi sesungguhnya kemarahan ini sangat merugikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal ini disebabkan bahwa dengan keadaan yang marah akan sangat sulit dalam mengontrol diri sehingga segala pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan akan terbangkalai. Begitu pula akan berdampak kepada orang lain, sebagai contoh bahwa tindakan kriminal terjadi karena diawali oleh timbulnya perasaan marah.
            Lalu bagiamana dengan sahabat blogger, pernahkah kalian marah? Tidak perlu diragukan lagi sudah pasti pernah mengalaminya. Lalu sudah merasakan pula dampak yang ditimbulkan dari kemarahan itu? Nah untuk menghindari timbulnya dampak serupa berikut saya kutip beberapa tips mengendalikan kemarahan dari buku karangan Swami Satya Narayana "Melaksanakan Gita Sehari-hari Jalan Menuju Tuhan" (2010: 94), sebagai berikut:
1)      Pada saat menyadari bahwa rasa marah timbul dalam diri tertawalah sekeras-kerasnya.
2)      Pergilah ke kamar mandi lalu mandi dengan air dingin.
3)      Boleh juga dengan minum segelas air dingin dan menenangkan diri ke tempat yang sejuk.
4)      Bila dengan semua cara tersebut belum juga bisa mengendalikan amarah, berdirilah di depan cermin dan pandangilah wajahmu, setelah mmelihat wajahmu itu engkau pasti akan merasa muak sehingga engkau akan dapat segera mengendalikan amarahmu.
5)      Ada satu lagi caranya, yaitu dengan mencari sebab kemarahan itu, lalu direnungkan dapatkah rasa marah itu dibenarkan? Ingatlah bahwa jika amarahmu akan mencelakakan orang lain, engkaun akan berdosa, dan hal ini tentu tidak baik bagimu.
Itulah beberapa tips dari Swami Satya Narayana dalam mengendalika amarah, ingatlah juga bahwa ketika marah, janganlah terburu-buru menggunakan lidah untuk melontarkan kata-kata kasar dan menyakitkan. Berpikirlah sebentar dalam berbagai cara, rasa marah melemahkan orang yang berusaha meningkatkan kualitas diri.
Untuk saya sendiri tips ini sangat berguna, dan biasanya juga kalau saya akan melakukan tarik nafas lebih dalam dan mencoba melakukan pernafasan serileks mungkin apabila merasa diri dalam kondisi marah, namun juga saya menyadari sebagai manusia yang masih terpengaruh ikatan duniawi masih sering keblablasan lupa mengontrol diri.

Semoga tips ini berguna bagi sahabat blogger, dan mari kita bersama-sama belajar menjauhkan diri dari kebiasaan marah. SUKSMA :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar