YOGA PENGUATAN KAKI


Pada postingan kali ini saya akan mencoba kembali mengulas hal berkaitan dengan Yoga Asanas. Hal ini tentunya bukan mengenai apa definisi dari Yoga Asanas, atau bagaimana jenisnya. Tetapi saya akan mencoba menguraikan sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa diberikan apabila rutin melakukan Yoga Asanas. Barangkali tidak sedikit dari kita yang pernah mengalami kecelakaan dan membuat kekuatan kaki berkurang, atau kaki menjadi tidak sekuat sebelumnya.
Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan, dan kita ingin memproleh kekuatan kaki kembali. Apabila anda adalah penekun Yoga Asanas, maka tenanglah karena ternyata ada gerakan yang mampu memberikan kekuatan pada kaki anda, yang mana mungkin asanas ini sudah sering anda lakukan tetapi kurang disadari. Tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa apa yang saya tuliskan ini adalah persepsi saya pribadi terkait dengan apa yang saya rasakan (kaki saya menjadi lebih kuat) setelah melakukan gerakan beberapa gerakan asana ini. Lalu apa saja gerakannya?

1.      Tadasana (Pose Pohon Palem)
Gerakan ini mengambil filosofi dari bentuk sebuah pohon palem, yang mana cara untuk melakukan gerakan ini adalah:
a.       Berdirilah dalam posisi tegak dengan posisi kedua dalam keadaan rapat, pandangan bawa lurus ke depan, nafas dalam keadaan santai.
b.      Perlahan kaitkan kedua tangan di depan pusar.
c.       Setelah semua posisi di atas dilakukan perlahan mulai angkat tangan hingga lurus ke atas (tangan kencang) diikuti arah pandangan hingga pandangan juga ke atas. Dalam waktu yang bersamaan perlahan juga mulai untuk menjinjitkan kaki.
d.      Bernafaslah santai selama berada dalam pose ini. Tahan posisi hingga hitungan ke delapan, bisa diulangi 2-4 kali.

2.      Garuda Sana
Gerakan ini mengambil filosofi dari bentuk paruh burung garuda, mana untuk melakukan pose ini tekhniknya adalah:
a.       Berdirilah dalam keadaan setengah berdiri dalam pandangan lurus ke depan.
b.      Perlahan angkat salah satu kaki, dan kemudian dikaitkan pada kaki yang lain (kaki melilit pada kaki yang lain). Pada saat bersamaan juga perlahan angkat satu tangan yang sejajar dengan kaki yang lebih di bawah kemudian tangan yang lain melilit dari bawah (tangan dan kaki dalam posisi melilit).
c.       Setelah mencapai pose nafaslah santai dan tahan hingga hitungan 8. Kemudian tukar kaki dan tangan yang melilit dengan tangan-kaki sebelahnya untuk selanjutnya diberikan gerakan yang sama.


3.      Vira Bhadrasana (Pose Prajurit)
Gerakan ini mengambil filosofi dari prajurit perang, diceritakan Ketika Shiva mendapat kabar kematian Sati, ia sangat terpukul. Dia menarik keluar seberkas rambut dan mengarahkan itu ke tanah, sampai muncul sosok prajurit. Shiva menamai prajurit itu, Virabhadra. Vira (pahlawan) + Bhadra (teman). Adapun teknik untuk melakukan gerakan ini adalah:
a.       Mulai dengan posisi kaki terbuka kemudian tekuk salah satu kaki membentuk sudut 90o, rentangkan tangan pandangan lurus kesamping, lalu sikap tangan anjali dan tarik nafas dengan mengangkat tangan dan pandangan di ujung jari.
b.      Hembuskan nafas dengan tangan memegang pergelangan kaki yang searah, tarik nafas ketika kembali ke posisi semula.
Manfaat dari melakukan gerakan ini adalah melatih keseimbangan saraf dan meningkatkan konsentrasi, melatih otot kaki (paha), serta memberikan kekuatan pada kaki sehingga terbiasa menerima beban yang lebih besar.






4.      Nataraja Sana (Pose Menari)
Gerakan ini mengambil filosofi dari tarian dewa siwa, ada beberapa variasi gerakan ini ada yang sikap dasar dan ada purna nataraja, yang mana disesuaikan dengan kelenturan tubuh dan kenyamanan. Ketika melakukan gerakan ini konsentrasi pada Ajna Cakra,
Adapun manfaat dari gerakan ini adalah menyeimbangkan jaringan saraf, melatih konsentrasi, membuat kaki lentur, memperlancar buang air besar dan mengatasi gangguan usus atau perut. Dan yang paling terasa dari gerakan ini adalah akan melatih kekuatan kaki, karena dengan topangan satu kaki dengan kaki lain ditarik akan menguji seberapa kuat kaki praktisi.



            Secara umum barangkali hanya itu gerakan yang setidaknya dapat menambah kekuatan kaki para Yoga Lover semua. Dan ingat pose ini dapat divariasi, sehingga satu nama akan menghasilkan banyak gerakan dan tentunya akan semakin menunjang peningkatan kekuatan kaki. SELAMAT MENCOBA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar